Putra Mbah Moen Diprediksi tak Akan Dongkrak Suara Sudirman

Putra Mbah Moen Diprediksi tak Akan Dongkrak Suara Sudirman
Sudirman Said. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia Ari Junaidi pesimistis Sudirman Said bakal moncer di Pilgub Jateng jika berpasangan dengan salah seorang putra Kiai Maimun Zubair.

Diketahui, dari delapan nama kandidat pendamping mantan menteri ESDM itu, empat di antaranya adalah putra KH Maimun Zubair, sesepuh PPP.

Yakni Taj Yasin alias Gus Yasin, Majid Kamil (Gus Kamil), Abdul Gofur (Gus Gofur), dan Muhammad Wafi (Gus Wafi).

Menurut Ari Junaidi, empat putra KH Maimun Zubair tergolong masih "hijau" di dunia politik.

Ari juga menduga, elektabilitas putra-putra kiai kharimatik yang akrab disapa Mbah Moen tersebut juga masih sangat rendah.

"Saya kira akan sangat riskan bagi tiga pilar pengusung Sudirman Said (Gerindra, PAN dan PKS) di Jateng apabila nama pendamping tidak berpotensi menambah suara untuk bekas Menteri ESDM tersebut," ujar Ari kepada JPNN, Rabu (3/1).

Ari juga menilai, nama besar Mbah Moen tidak cukup untuk mengatrol elektabilitas para putra pimpinan pondok pesantren Al Anwar, Sarang, Rembang tersebut.

Mbah Moen merupakan ulama besar. Kedalaman ilmu agama yang dimiliki menjadikan Ketua Dewan Syuro Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini rujukan ulama Indonesia dalam bidang fiqh selama ini.

Menurut Ari Junaidi, para putra KH Maimum Zubair tergolong masih hijau di panggung politik. Tidak banyak pengaruhnya jika mendampingi Sudirman Said.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News