Putra UPH Pertahankan Gelar LIMA Basketball Nationals

Putra UPH Pertahankan Gelar LIMA Basketball Nationals
Final LIMA Basketball Nationals. Foto: LIMA

jpnn.com - BANDUNG – Trofi LIMA Basketball National sektor putra tetap berada di pelukan Universitas Pelita Harapan (UPH). Mereka sukses menekuk Universitas Esa Unggul (UEU) dengan skor 77-62 pada laga final di GOR C-Tra Arena, Bandung akhir pekan kemarin.

UPH langsung tancap gas sejak awal laga. Pelatih UPH Stephen Metclafe langsung menurunkan Christian (1), Cassiopeia (3), Rivaldo (7), Steven Oi (9) dan Kennard (10) di awal laga. Sementara itu, starting five UEU diperkuat Abraham (6), Kevin Raditya (7), Kevin Moses (11), Akbar Lutfi (12) dan kapten Freddy (13).

Laga baru berjalan lima menit, UPH mampu mengungguli UEU dengan skor 10-3. UPH menutup kuarter ini dengan keunggulan 16-9. Memasuki kuarter kedua, permainan UEU terlihat lebih berbeda. Memanfaatkan kecepatan dari Kevin Moses dan tubuh besar Akbar di lini belakang, UEU perlahan-lahan mampu memangkas ketertinggalan.

Di paruh kuarter kedua ini, UEU hanya tertinggal dua bola atas UPH. Setelah itu, penampilan UEU terus meningkat, bahkan anak asuh Coach Vendy ini mampu melampaui perolehan poin UPH dengan margin satu angka.

Sayanganya, keunggulan UEU tak berlangsung lama saat lesatan Steven Oi di menit akhir kuarter ini tak mampu dibendung Akbar dkk. Hasilnya, permaian apik UEU di kuarter kedua ini mampu menciptakan 26 poin sekaligus memangkas margin ketertinggalan hanya satu bola, 37-35.

Tipisnya skor kedua tim membuat para supporter yang hadir di C-Tra Arena ini tak henti-hentinya meneriakan yel-yel dukungan bagi timnya. Bangkit di kuarter kedua, Kevin dkk mencoba bermain cepat dan memaksimalkan peluang yang mereka dapatkan.

Namun, ketidak disiplinan Kevin dkk membuat UPH mampu menghasilkan empat poin dari kesalahan yang dilakukan para pemain UEU. Hasilnya, UPH mampu mencetak 19 poin di kuarter ini, sementara UEU menciptakan 15 poin. Poin tambahan tersebut membuat UEU harus kembali tertinggal dengan margin enam poin, 56-50.

Di kuarter keempat, permainan UEU terlihat tak seagresif tiga kuarter sebelumnya. Kevin Moses, Akbar dan Feddy kesulitan memasuki pertahanan UPH dan sering gagal dalam melakukan penyelesaian akhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News