Putu Rudana Mendorong Negara ASEAN Menjalankan Resolusi Hasil Sidang AIPA

Putu Rudana Mendorong Negara ASEAN Menjalankan Resolusi Hasil Sidang AIPA
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana menyampaikan laporan dalam sidang AIPA di Jakarta. Foto: dokumentasi BKSAP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Desk Regional Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mendorong negara-negara Asia Tenggara segera mengimplementasikan 30 resolusi yang dihasilkan dalam Sidang Umum ke-44 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA).

Di antara resolusi yang dihasilkan dalam forum yang ditutup oleh Presiden AIPA sekaligus Ketua DPR RI Puan Maharani di Jakarta pada Rabu (9/8), yakni mengenai stabilitas politik, Myanmar, dan Laut Cina Selatan (LCS).

"Setelah resolusi disetujui, what next? Apa selanjutnya? Semua negara AIPA harus segera menjalankan resolusi ini," ujar Putu Rudana dalam keterangan di Jakarta, Jumat (11/8).

Dia mengatakan komitmen dalam sidang umum AIPA merupakan aspirasi dari seluruh masyarakat ASEAN melalui parlemen masing-masing, sehingga implementasinya diserahkan kepada pemerintah tiap negara.

Implementasi itu menurut legislator asal Bali ini penting agar bisa memberikan penguatan kesejahteraan, kestabilan, kesolidan, dan perdamaian kepada kawasan ASEAN.

"Agar tidak terjadinya konflik dengan isu-isu seperti Myanmar, Laut Cina Selatan dan isu-isu lain yang berhubungan untuk mengawal stabilitas kawasan ini. Ini juga harus disampaikan pemerintah saat KTT ASEAN di Jakarta nanti," tuturnya.

Putu menyampaikan bahwa semua parlemen negara ASEAN harus berkomitmen untuk mendorong pemerintahnya guna memberikan penguatan diplomasi yang dilakukan pemerintah dengan pelibatan seluruh masyarakat.

Wakil ketua BKSAP DPR RI itu menyebut sidang AIPA telah menyetujui percepatan transisi ekonomi hijau dan pengembangan inovasi teknologi untuk pembangunan dan pertumbuhan berkelanjutan. Masalah ketahanan energi dan air juga menjadi concern Anggota AIPA.

Wakil Ketua BKSAP DPR Putu Rudana mendorong negara ASEAN menjalankan resolusi yang dihasilkan dalam sidang AIPA di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News