Putu Rudana Terkesan dengan Monumen Reog dan Museum Peradaban di Ponorogo

Putu Rudana Terkesan dengan Monumen Reog dan Museum Peradaban di Ponorogo
Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana bersama Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Foto: dokumentasi BKSAP

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana terkesan dengan pembangunan Monumen Reog dan Museum Peradaban (MRMP) di kawasan Gunung Gamping, Sampung, Ponorogo.

Putu Rudana mengapresiasi Bupati Sugiri Sancoko yang punya visi dan gagasan besar menarasikan sejarah dan kemuliaan Reog Ponorogo melalui monumen dan museum tersebut.

"Monumen dan museum Ini merupakan diplomasi untuk memperkuat identitas nasional yang kaya akan warisan budaya. Jadi ini bukan hanya tentang fisik setinggi 126 meter, tetapi juga tentang warisan budaya yang harus dijaga, dirawat dan dimuliakan sepanjang masa," ucap Putu dikutip dari siaran pers, Sabtu (26/8).

Putu yang baru-baru ini mengunjungi MRMP bersama rombongan BKSAP berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa hadir memberikan afirmasi agar proyek tersebut dapat terwujud di tahun 2024.

Salah satu caranya adalah dengan menjadikan MRMP menjadi proyek Strategis Nasional (PSN) serta menghadirkan BUMN untuk mendukung pembangunannya.

"Kehadiran Presiden Jokowi di Ponorogo tentu akan memberikan semangat, bahwa bangsa Indonesia memiliki kekayaan, kemuliaan warisan luhur bangsa, yaitu Reog di kabupaten Ponorogo," kata politikus asal Bali itu.

Putu Rudana menjelaskan di kawasan MRMP juga akan dibangun ruang untuk UMKM, area pertunjukan yang luas, dan sejumlah fasilitas pendukung bagi kepariwisataan Ponorogo dari sisi budaya.

"Proyek ini selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor UMKM bagi masyarakat Ponorogo dan Jawa Timur," tutur Putu.

Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana terkesan dengan pembangunan Monumen Reog dan Museum Peradaban (MRMP) di kawasan Gunung Gamping, Sampung, Ponorogo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News