Qodari Mengapresiasi Pidato Kebudayaan Zulhas Soal Islam Tengah

Qodari Mengapresiasi Pidato Kebudayaan Zulhas Soal Islam Tengah
Zulkifli Hasan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengapresiasi pidato kebudayaan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Zulkifli menyampaikan pidato bertajuk “Indonesia Butuh Islam Tengah” dalam acara Zulhas Award 2022 di Auditorium Utama Perpustakaan Nasional RI, Jalan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (29/1/2022).

Qodari menilai Zulkifli Hasan atau akrab disapa Zulhas menjadi pelopor tradisi pidato kebudayaan yang penuh dengan makna mendalam.

Menurut Qodari, hal itu tidak seperti biasanya seorang ketua partai berbicara tentang kebudayaan.

“Pertama adalah apresiasi bahwa Pak Zulkifli Hasan sebagai ketua umum partai memulai atau membuat sebuah tradisi yaitu pidato kebudayaan, biasanya ketua umum partai itu pidato politik,” kata Qodari, Minggu (30/1/2022).

Menurut Qodari, apa yang disampaikan oleh Zulhas dalam pidatonya yang membahas soal kebudayaan itu sesuatu yang cukup kompleks melingkupi beberapa elemen penting bagi kemanusiaan.

Qodari menjelaskan di dalam kebudayaan itu terdapat elemen politik, ekonomi sosial dan hukum. Isi pidato tersebut menunjukkan kualitas dari seorang Wakil Ketua MPR itu.

“Jadi, ini sifatnya lebih mendasar dan kontemplatif dan itu menunjukkan keluasan wawasan Pak Zulkifli Hasan,” kata Qodari.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengapresiasi pidato kebudayaan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas soal Timur Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News