Quick Count KPU Manfaatkan SMS

Quick Count KPU Manfaatkan SMS
Quick Count KPU Manfaatkan SMS
JAKARTA – Penggunaan pesan singkat (SMS) dinilai efektif untuk metode penghitungan cepat (quick count). Karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah mengagendakan adanya quick count dalam pemilu legislatif memastikan akan menggunakan SMS untuk mempercepat akses ke masyarakat.

 

"Ada dua hal, yang pertama menggunakan scan dan yang kedua menggunakan SMS,’’ kata anggota KPU Abdul Aziz di gedung KPU, Jakarta, Sabtu (24/1).

 Menurut dia, dua metode tersebut digunakan untuk mempercepat rekapitulasi sampai ke KPU pusat. Dengan scan, petugas panitia pemilih kecamatan (PPK) lebih dulu harus mengirimkan salinan rekapitulasi ke KPU kabupaten/kota.

 

Selanjutnya, salinan itu di-scan dan dikirimkan ke KPU pusat melalui sistem online yang saat ini sudah terhubung. ’’Dengan sistem scan, ada waktu yang terbuang, yakni masalah transportasi,’’ katanya.

 

Berbeda dari SMS. Bila perhitungan suara telah selesai, kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) bisa langsung mengirimkan hasil rekap melalui SMS ke pusat. Jadi, KPU hanya menyediakan pulsa untuk KPPS. ’’Pulsa diberikan kepada anggota KPPS yang memiliki HP,’’ ungkapnya.

JAKARTA – Penggunaan pesan singkat (SMS) dinilai efektif untuk metode penghitungan cepat (quick count). Karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News