Minggu, 26 Mei 2019 – 10:02 WIB

Radang Tenggorokan Bisa Diatasi dengan Cuka Apel?

Sabtu, 30 Maret 2019 – 14:57 WIB
Radang Tenggorokan Bisa Diatasi dengan Cuka Apel? - JPNN.COM

jpnn.com - Radang tenggorokan memang bisa sangat menyiksa. Jangankan makan enak, bicara pun jadi sulit dilakukan karena rasa sakit yang mengganggu.

Banyak minum air putih, istirahat, dan menghindari makanan berbumbu tajam umumnya jadi anjuran untuk melawan proses peradangan. Selain itu, cuka apel juga bisa dijadikan senjata untuk meredakan penyakit tersebut.

Kandungan alami cuka apel

Cuka apel merupakan hasil olahan dari buah apel segar yang dihancurkan dan difermentasi dengan jangka waktu tertentu. Hasil proses panjang ini adalah cairan bercita rasa asam segar yang dipercaya mengandung berbagai kebaikan untuk tubuh. Salah satu yang dapat diperangi oleh bahan alami ini adalah radang tenggorokan.

Walau bukti ilmiah yang membenarkan hal ini masih sangat terbatas, tidak ada salahnya mencoba metode yang satu ini. Bersumber dari bahan alami dengan minimnya kemungkinan efek samping, cuka apel bisa jadi opsi untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman saat radang tenggorokan.

Dari proses panjang fermentasi apel tersebut dihasilkan asam asetat, senyawa yang disebut-sebut mampu berperan sebagai antikuman. Peran penting inilah yang dipercaya ampuh membantu mengatasi radang tenggorokan.

Namun, bila penyebabnya adalah bakteri, cuka apel tidak bisa dijadikan sebagai pengobatan tunggal.

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri umumnya bersifat berat disertai dengan demam, dan kerap ditemui bercak putih di area dalam tenggorokan. Infeksi bakteri ini harus diterapi dengan antibiotik yang jenis dan dosisnya tepat.

Sumber : KlIkdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar