JPNN.com

Bolehkah Minum Kopi Saat Kena Radang Tenggorokan?

Selasa, 26 Maret 2019 – 04:32 WIB Bolehkah Minum Kopi Saat Kena Radang Tenggorokan? - JPNN.com

jpnn.com - Rasa sakit dan susah menelan saat mengalami radang tenggorokan tentu saja sangat menyiksa. Untuk Anda yang doyan kopi, mungkin akan bertanya-tanya. Apakah boleh minum kopi saat radang tenggorokan, atau justru bisa memperparahnya?

Ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari ketika mengalami radang tenggorokan. Contohnya adalah makanan yang renyah, makanan manis, dan makanan panas. Itu karena bisa memperparah gejala radang tenggorokan, seperti demam dan batuk.

Bagaimana dengan kopi?

Dilansir Livestrong, jika Anda membutuhkan kafein dan tenggorokan terasa seperti terbakar, Anda dapat meredakan sakit tenggorokan dengan minum kopi es. Suhu dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah Anda yang bengkak.

Cairan lain yang mungkin bisa Anda toleransi adalah milkshake, sup, teh, dan minuman bersoda. Minum cairan sebanyak mungkin dapat membantu mencegah dehidrasi.

Efek samping lain ketika Anda mengalami radang tenggorokan adalah tenggorokan yang kering dan gatal. Jika ini masalahnya, Anda lebih baik menghindari makanan dan minuman yang dapat membuat tenggorokan terasa lebih kering. Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan soda, justru bisa mengeringkan mulut Anda.

Anda mungkin ingin mencoba minum sedikit kopi untuk mengetahui apakah tenggorokan Anda terasa kering setelah meminumnya. Hal itu sah-sah saja untuk dicoba karena gejala radang tenggorokan setiap orang bervariasi.

Ketahui juga bahwa kafein meningkatkan kemungkinan Anda mengalami dehidrasi karena ini adalah diuretik alami. Untuk itulah, Anda sebaiknya membatasi asupan kopi 1-2 cangkir per hari saat sedang radang tenggorokan.(RS/RVS/klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...