JPNN.com

Manfaat Kunyit untuk Radang Tenggorokan

Sabtu, 16 Maret 2019 – 23:14 WIB Manfaat Kunyit untuk Radang Tenggorokan - JPNN.com

jpnn.com - Proses pengobatan radang tenggorokan tidak melulu dengan obat. Penyakit yang terkadang membuat Anda sulit menelan ini ternyata bisa diatasi dengan bahan alami.

Salah satu pengobatan alami yang bisa Anda lakukan adalah dengan kunyit.

Kunyit (Curcuma longa) adalah tanaman herba berimpang yang masuk dalam keluarga jahe-jahean (Zingiberaceae). Di Indonesia, salah satu pemanfaatannya yang paling sering adalah sebagai pewarna kuning dalam masakan, seperti nasi kuning atau gulai. Cukup mudah menemukan kunyit karena tanaman rempah ini banyak dijajakan di pasar.

Kunyit mampu atasi peradangan

Selain sebagai bumbu masakan, kunyit memang dikenal cukup ampuh untuk mengatasi peradangan.

"Seperti dalam pengobatan ayurvedic, kunyit digunakan untuk mengatasi peradangan (baik peradangan di dalam maupun luar), kanker, artritis reumatoid, dan beberapa penyakit infeksi lainnya," ujar dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter.

Dijelaskan oleh dr. Kartika bahwa salah satu kandungan yang ampuh dari kunyit adalah kurkumin. Kurkumin, kata dia, adalah sebuah zat aktif yang memiliki antioksidan kuat. Sebagaimana diketahui, antioksidan bertugas melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

"Keuntungan kunyit yang sudah teruji adalah sebagai antibakteri, antiperadangan, antitumor, antiseptik, dan sebagainya. Manfaat ini dapat dicapai melalui konsumsi dalam bentuk makanan dengan dosis yang rendah dalam jangka waktu yang lama," ungkap dr. Kartika.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...