Kamis, 22 Agustus 2019 – 16:02 WIB

Saat Sedang Radang Tenggorokan, Bolehkah Konsumsi Makanan Manis?

Sabtu, 23 Maret 2019 – 04:51 WIB
Saat Sedang Radang Tenggorokan, Bolehkah Konsumsi Makanan Manis? - JPNN.COM

jpnn.com - Radang tenggorokan adalah penyakit yang umum terjadi. Tenggorokan gatal, kering, dan terkadang perih adalah gejala yang sering dialami. Saat tenggorokan sedang sakit seperti ini, konsumsi makanan manis sering kali tak diperbolehkan karena katanya bisa bikin sakit tenggorokan makin parah. Benarkah demikian?

Saat Anda terkena radang, tenggorokan akan sakit dan sulit untuk menelan. Agar bisa lekas sembuh, Anda harus mengonsumsi makanan yang tepat. Tak hanya demi mengurangi rasa sakit, tapi juga mempercepat proses pemulihan. Bagaimana dengan makanan yang manis-manis?

Bolehkah makan yang manis-manis saat sedang radang tenggorokan?

Gula adalah makanan yang bersifat asam di dalam tubuh yang menyebabkan ketidakseimbangan asam basa tubuh. Jenis gula yang paling buruk adalah gula putih halus dan gula yang tersembunyi dalam kue, biskuit, puding, permen, dan lain-lain.

Patogen (bahan yang menimbulkan infeksi) menyukai lingkungan asam dan berkembang dengan ketidakseimbangan asam basa dalam tubuh. Karena keasaman menyebabkan peradangan, individu dengan kecenderungan keasaman berlebih rentan terhadap semua jenis iritasi, seperti iritasi tenggorokan, kulit, nyeri dan nyeri sendi, dan sebagainya. Oleh karena itu, pada kasus ini makanan manis bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Jenis makanan yang harus dihindari saat radang tenggorokan

Saat sedang radang tenggorokan, baiknya Anda “libur” dulu dari beberapa jenis makanan ini:

  • Buah dan jus jeruk. Meski dikira berkhasiat karena tinggi vitamin C, tapi Anda sebaiknya menghindarinya. Konsumsinya bisa bikin sakit tenggorokan makin parah karena sifatnya yang asam, sehingga dapat mengiritasi permukaan tenggorokan.
  • Susu. Siapa bilang secangkir susu hangat bisa meredakan radang tenggorokan? Sebaliknya, minum susu saat tenggorokan meradang justru bisa bikin sakit makin menyiksa.
  • Kopi. Ngopi mungkin bisa melegakan tenggorokan, tapi itu hanya sementara. Efeknya kemudian dapat menyebabkan tenggorokan jadi gatal dan sakit. Kandungan kafein pada kopi juga diketahui bisa memperparah rasa sakit di tenggorokan.
  • Jus tomat dan saus. Sifat asam dari tomat bisa menjadikannya pilihan yang buruk bila Anda sedang radang tenggorokan.(klikdokter)
Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar