Rahasia Konglomerat Lippo Group Mochtar Riady Membangun Kerajaan Bisnis

Rahasia Konglomerat Lippo Group Mochtar Riady Membangun Kerajaan Bisnis
Rahasi Mochtar Riady membangun kerajaan bisnis. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Konglomerat Lippo Group Mochtar Riady membeberkan perjalanan karir dan starteginya membangun deretan bisnis dan bank yang kini meraksasa.

Namun, ternyata salah satu orang terkaya di Indonesia itu tidak lepas dari cerita yang dramatis. Moachtar punya cerita soal masa kecilnya.

Melalui video YouTube bertajuk 'Mochtar Riady, Cerita Karir & Strateginya mendirikan 4 Perusahaan Nasional', Mochtar menceritakan perjalan hidupnya.

Menurut dia, saat usia 7 bulan, kakeknya meninggal dunia. Saat usia tujuh tahun, neneknya meninggal dunia. Saat usia sembilan tahun, ibunya meninggal dunia. Dan saat usia 11 tahun, tiga adiknya secara berurutan meninggal dunia.

Mochtar pun berujar betapa sengsaranya sang ayah yang harus membesarkannya. Meski bukan orang kaya, namun ayahnya terus mendorong Mochtar untuk sekolah hingga akhirnya tamat S1.

Pada saat itu, orang yang berkuliah sudah sangat hebat karena kebanyakan dari mereka hanya tamatan SMP.

Pada 1950-an, saat selesai kuliah, Mochtar pun mulai memikirkan karir yang akan dijalani.

Mochtar muda pun berkeliling Jawa naik kereta api untuk melihat bisnis apa yang bagus untuk dijalani. Akhirnya, dia pun berpikir seluruh bisnis dan uang yang beredar pada akhirnya akan berkumpul di ibu kota, Jakarta.

Konglomerat Lippo Group, Mochtar Riady mengungkap perjalanan karir dan starteginya membangun deretan bank yang kini meraksasa. Selengkapnya di sini.

Sumber Warta Ekonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News