Rahasia Sukses Diet Mediterania

Rahasia Sukses Diet Mediterania
Rahasia Sukses Diet Mediterania

jpnn.com - DIET Mediterania telah lama dikenal sebagai salah satu diet paling sehat di dunia. Tidak hanya itu, diet adalah perubahan gaya hidup yang benar-benar dapat menjaga kesehatan dan menjauhkan Anda dari berbagai penyakit.

Penelitian membuktikan, diet kaya makanan nabati dan lemak sehat ini melindungi perkembangan penyakit jantung, diabetes tipe 2, hiperlipidemia, sindrom metabolik, jenis kanker, dan penyakit alzheimer. Secara keseluruhan, makanan diet, terutama mediterania, dapat meningkatkan kesehatan anda.

"Selain itu, ada satu kombinasi yang dapat membuat diet ini jauh lebih menyehatkan, yakni kombinasi minyak zaitun dan salad atau sayuran berdaun, yang membentuk asam lemak nitro yang mampu menurunkan tekanan darah," kata peneliti dari King College London, Prof. Philip Eaton, seperti dilansir laman BBC, Jumat (30/5).

Dalam studi yang sebagian didanai oleh British Heart Foundation para peneliti menggunakan rekayasa genetika tikus untuk melihat apa dampak asam lemak nitro pada si tikus. Ternyata asam lemak Nitro membantu menurunkan tekanan darah dengan menghalangi terbentuknya enzim yang disebut epoksida .

"Penelitian ini menjelaskan mengapa diet mediterania tampaknya baik untuk kesehatan jantung anda. Hasil penelitian menunjukkan di mana senyawa tertentu dapat memerangi tekanan darah tinggi yang merupakan faktor utama timbulnya penyakit jantung," kata Dr. Sanjay Thakrar dari British Heart Foundation.

Diet mediterania dapat membuat sindrom metabolik, dan mereka yang melakukan diet mediterania ini memiliki tekanan darah, gula darah dan trigliserida yang lebih seimbang. Diet ini juga mengutamakan konsumsi gizi seimbang dari kacang, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, sereal, ikan, keju, dan yoghurt. Membatasi daging merah juga menjadi salah satu metode menyehatkan tubuh Anda.(fny/jpnn)


DIET Mediterania telah lama dikenal sebagai salah satu diet paling sehat di dunia. Tidak hanya itu, diet adalah perubahan gaya hidup yang benar-benar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News