Rahasia Tarikan Bendera Paskibraka Seirama Indonesia Raya

Rahasia Tarikan Bendera Paskibraka Seirama Indonesia Raya
Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2017 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/8). Presiden mengukuhkan 68 orang Paskibraka 2017 dari 34 provinsi untuk Upacara Perayaan HUT Ke-72 RI. Foto : JPG

jpnn.com, JAKARTA - Upacara HUT ke-72 RI di Istana Negara telah digelar. Selain performa komandan upacara, yang banyak menjadi perhatian adalah pelaksanaan penaikan bendera. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang merupakan wakil dari 34 provinsi di Indonesia mampu tampil sempurna.

Paskibraka penaikan bendera pagi ini, adalah dari tim putih. Mereka menyelesaikan tugas dengan tanda kerasnya tepuk tangan meriah dari para undangan untuk tim yang mengibarkan bendera.

Satu pertanyaan yang sering menggelayut di benak masyarakat adalah bagaimana bisa saat pengerekan bendera selalu bisa selesai pas, selaras dengan tuntasnya lagu Indonesia Raya.

Tak hanya itu, pengerek bendera pun bisa menyelesaikan tarikan tanpa melihat bendera. Pandangan mereka lurus ke depan, tapi tarikan tepat.

"Bukan pakai perasaan atau asal tarik saja. Ada hitungannya, ada caranya biar pas dan tepat," kata Mayor Suswan, pelatih Paskibraka, kepada JPNN, sebelum bertugas.

Ada buku khusus yang disiapkan bagi para anggota Paskibraka sehingga bukan hanya orang tertentu, tapi seluruh pasukan, bisa menaikkan dan menurunkan bendera. Di latihan, seluruh anggota Paskibraka juga mendapat giliran menaikkan dan menurunkan bendera.

Menurut dia, ada dua cara yakni dengan setiap tarikan, berbarengan dengan satu lirik lagu Indonesia Raya. Yang kedua, menghitung dan melakukan tarikan sesuai dengan tanda yang ada di tali bendera.

"Kalau jumlah tarikannya, itu ada tertentu, Agar tidak salah posisi tarikan dan tepat meski tanpa melihat ke atas bendera, ada titik dengan warna tertentu di tali bendera. Karena itu sikap pengerek tetap lurus ke depan," tuturnya.

Upacara HUT ke-72 RI di Istana Negara telah digelar. Selain performa komandan upacara, yang banyak menjadi perhatian adalah pelaksanaan penaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News