Raih Dukungan Penuh NU di Wilayah Tapal Kuda, Prabowo Kantongi Elektabilitas Tertinggi

Raih Dukungan Penuh NU di Wilayah Tapal Kuda, Prabowo Kantongi Elektabilitas Tertinggi
Ketua Umum Gerindra yang juga bakal capres Prabowo Subianto di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bacapres 2024 Prabowo Subianto mengantongi elektabilitas tertinggi di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Elektabilitas tertinggi tersebut lantaran Prabowo meraih dukungan penuh dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) di wilayah Tapal Kuda.

Berdasarkan survei terbaru yang dirilis Poltracking Indonesia periode 25 September – 1 Oktober 2023, Prabowo berhasil mendapatkan dukungan tertinggi di wilayah aglomerasi – kultural Tapal Kuda.

Adapun wilayah yang meliputi Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasuruan, Probolinggo, dan Situbondo tersebut, memberikan dukungan tertinggi terhadap Prabowo dengan total 47,8 persen suara.

Sementara itu, capres PDIP Ganjar Pranowo di wilayah Tapal Kuda hanya mampu meraup total suara sebesar 30,0 persen.

Kemudian, capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan berada di peringkat ketiga dengan hanya mampu mengumpulkan suara sebanyak 13,4 persen.

Pengamat politik dari Universitas Airlangga Prof Kacung Marijan menjelaskan Prabowo memang terbukti mendapatkan dukungan tertinggi di kalangan pemilih yang ada di wilayah Tapal Kuda.

Wilayah yang lekat dengan NU dan PKB tersebut, memang mayoritas masih menaruh hati terhadap Prabowo.

Prabowo Subianto mendapat dukungan penuh dari kalangan NU di wilayah Tapal Kuda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News