Raih Suara Terbanyak, Budisatrio Djiwandono Bakal Melenggang ke Senayan

Raih Suara Terbanyak, Budisatrio Djiwandono Bakal Melenggang ke Senayan
Warga menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono diyakini akan kembali terpilih sebagai anggota DPR RI.

Itu setelah melihat hasil hitung cepat versi Indikator Politik Indonesia, Budisatrio jadi yang teratas dari delapan calon anggota DPR RI dari Partai Gerindra di daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Timur.

Budisatrio lolos secara meyakinkan dari dapil Kalimantan Timur meliputi kota Samarinda, kota Balikpapan, Paser, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, kota Bontang, Kutai Timur, Berau, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu.

"Dari 99,71 persen data masuk hasil hitung cepat kami di dapil Kalimantan Timur, Budi Djiwandono lolos ke Senayan dengan meyakinkan setelah memperoleh 6,10 persen, dengan interval batas bawah 5,48 persen dan batas atas 6,72 persen," ujar Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro kepada wartawan di Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Di internal Partai Gerindra, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI tersebut menjadi satu-satunya politisi dengan raihan suara terbanyak di dapil Kalimantan Timur.

"Dilihat dari persentase yang diraih, total suara Budisatrio bisa mencapai puluhan ribu. Angka ini sudah sangat cukup untuk mendapat kursi di parlemen," kata Bawono.

Tingginya perolehan suara Budisatrio, lanjut Bawono, turut mendongkrak perolehan suara Partai Gerindra di Kalimantan Timur. Dalam penghitungan sementara, Partai Gerindra menempati posisi dua teratas di provinsi Kalimantan Timur.

"Hal itu (perolehan suara Budisatrio) menjadikan Partai Gerindra berada di posisi kedua perolehan suara partai di dapil Kalimantan Timur setelah Partai Golkar," ujar Bawono.

Politikus Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono diyakini akan kembali terpilih sebagai anggota DPR RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News