Railink Siapkan 10 Trainset KA Bandara Soekarno-Hatta

Railink Siapkan 10 Trainset KA Bandara Soekarno-Hatta
Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Indopos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Railink sebagai operator KA Bandara telah menyiapkan 10 trainset KA Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33 ribu penumpang setiap harinya.

KA Bandara ini ini dilengkapi berbagai fasilitas yang ada di stasiun dan selama perjalanan. Satu trainset terdiri dari enam kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang.

"Interior keretanya didesain seperti di pesawat, penumpang bisa mengatur kemiringan kursi dan sandaran tangan. Kereta juga dilengkapi dengan pendingin udara (full AC), pengisi daya ponsel (charging port), toilet terpisah antara pria dan wanita," ujar Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto.

Selain itu, di setiap kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta empat layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta.

Sedangkan, stasiun dilengkapi dengan fasilitas antara lain vending machine, tapping gate, eskalator, gallery ATM, waiting lounge, commercial area, meeting room, toilet, dan mushola. Khusus di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta bahkan dilengkapi dengan konektivitas ke integrated building dan APMS/skytrain.

"Selain itu, untuk pemesanan tiket KA Bandara Soekarno-Hatta kami telah kembangkan sistem sendiri dengan nama Airport Railways Ticketing System (ARTS). Di mana transaksi tiket dilakukan secara-non tunai melalui mobile aplikasi, internet booking dan vending machine. Vending machine telah kami siapkan di masing- masing stasiun,” kata dia.

Dengan pengoperasian KA Bandara Soekarno-Hatta ini, sambung Heru, nanti diharapkan bisa menambah pilihan bagi masyarakat dalam mengakses bandara terbesar di Indonesia itu.

"Jika selama ini hanya tersedia pilihan bertransportasi berbasis jalan raya, maka sebentar lagi akan hadir layanan public transport berbasil jalan rel yang mengusung kenyamanan bagi pelanggan," tandas Heru.(chi/jpnn)


KA Bandara ini ini dilengkapi berbagai fasilitas yang ada di stasiun dan selama perjalanan. Satu trainset terdiri dari 6 kereta yang mampu mengangkut 272 orang.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News