Raja Ampat Bisa Samai Bali

Wamen Pariwisata RI : Raja Ampat akan Menjadi Ikon Pariwisata Dunia

Raja Ampat Bisa Samai Bali
Raja Ampat Bisa Samai Bali
WAISAI – Festival Bahari Raja Ampat, agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat dimaksudkan untuk mengangkat khasanah alam bahari Raja Ampat. Festival Bahari tahun 2012 yang bertemakan  “for a truly nature experience” , dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Dr. Sapta Nirwandar yang didampingi Gubernur Papua Barat, Abraham O. Atururi dan Bupati Raja Ampat, Drs Markus Wanma M.Si di pantai Waisai Tercinta (WTC).

Pembukaan iven tahunan Raja Ampat ini juga dihadiri anggota DPD RI, Sophia Maipau; Ketua DPRD Raja Ampat, Henry G. Wairara;  Wali Kota Sorong, Drs.Ec Lambert Jitmau dan tamu undangan lainnya diantaranya tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh-tokoh adat, aktifis LSM serta elemen masyarakat lainnya.

Festifal Bahari Raja Ampat  yang digelar di pantai WTC, sekaligus juga digelar pemeran pembangunan dari masing masing instansi SKPD lingkup Pemkab Raja Ampat. Stand-stand yang ada memamerkan momen kerja melalui dokumentasi foto. Aneka kuliner dan makanan khas Raja Ampat juga turut dipamerkan, serta gratis bagi siapapun yang kepingin mencicipinya. Festival Bahari yang merupakan agenda kerja Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat ini, bertujuan untuk mengangkat nama Raja Ampat ke dunia internasional, agar siapapun tahu Raja Ampat yang sebenarnya.

Sekedar diketahui, Kabupaten Raja Ampat memiliki 610 pulau. Panjang pantai Raja Ampat sepanjang 753 km yang terletak di jantung pusat segitiga karang dunia dan merupakan pusat keanekaragaman hayati laut tropis terkaya dunia saat ini. Raja Ampat artinya empat raja, sebelumnya bernama Kalana Fat. Nama ini berasal dari Kerajaan Muslim Tidore pada abad 15  yang mengenal kepulauan nusantara dan kepulauan Maluku sebagai pintu masuk menuju pulau Raja-Raja. Empat pulau besar itu adalah Waigeo, Batanta, Salawati dan Misol, kini kepulauan Raja Ampat merupakan daerah administrative provinsi Papua Barat.

WAISAI – Festival Bahari Raja Ampat, agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat dimaksudkan untuk mengangkat khasanah alam bahari Raja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News