Raja Salman Mengaku Resah Lihat Perilaku Republik Islam Iran

Raja Salman Mengaku Resah Lihat Perilaku Republik Islam Iran
Raja Salman dan Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Istana Kepresidenan

jpnn.com, RIYADH - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz menyampaikan kekhawatiran atas kurangnya kerja sama Republik Islam Iran dengan masyarakat internasional tentang program nuklir dan rudal balistiknya.

Dalam pidato yang disampaikan di hadapan penasihat kerajaan Dewan Syura pada Rabu, Salman berharap Iran akan mengubah perilaku negatif di kawasan serta memilih dialog dan kerja sama.

"Kami mengikuti dengan prihatin kebijakan pemerintah Iran yang mengganggu stabilitas keamanan dan stabilitas regional, termasuk membangun dan mendukung milisi bersenjata sektarian dan menyebarkan kekuatan militernya di negara lain," kata penguasa berusia 85 tahun itu, dalam pidato yang diterbitkan oleh kantor berita negara SPA.

"Kurangnya kerja sama dengan masyarakat internasional mengenai program nuklirnya dan pengembangan rudal balistiknya," ujar Raja Salman, menambahkan.

Sebagai sekutu utama Barat di negara-negara Teluk, Arab Saudi terlibat dalam persaingan sengit dengan Iran di Timur Tengah, di mana kedua belah pihak telah mendukung faksi-faksi yang berlawanan dalam beberapa konflik termasuk di Yaman, Suriah, dan Lebanon.

Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya mengusir utusan Lebanon pada Oktober dalam perselisihan diplomatik yang telah menambah krisis ekonomi Lebanon.

Para pejabat Saudi mengatakan krisis dengan Beirut berawal dari pengaturan politik Lebanon yang memperkuat dominasi kelompok bersenjata Hizbullah yang didukung Republik Islam Iran.

"Kerajaan juga mendukung persaudaraan rakyat Lebanon, dan mendesak semua pemimpin Lebanon untuk memprioritaskan kepentingan rakyat mereka dan menghentikan hegemoni teroris Hizbullah atas struktur negara," kata Raja Salman.

Kepada Dewan Syura Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz blak-blakan soal perilaku meresahkan Republik Islam Iran

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News