JPNN.com

Rajin Jalan Kaki Bikin Anda Tambah Kreatif?

Minggu, 27 Januari 2019 – 17:46 WIB
Rajin Jalan Kaki Bikin Anda Tambah Kreatif? - JPNN.com

jpnn.com - Seberapa sering Anda berjalan kaki setiap hari? Anda tentu sudah tahu bahwa berjalan kaki bisa menyehatkan tubuh. Namun sayang, banyak orang merasa malas untuk jalan kaki dan lebih memilih untuk naik kendaraan, bahkan untuk bepergian ke supermarket terdekat. Padahal selain sehat, jalan kaki bisa bikin Anda jadi lebih kreatif, lho.

Mungkin Anda protes ketika dibilang malas jalan kaki. Tapi apa mau dikata, sebuah survei yang dilakukan oleh para peneliti Universitas Stanford di AS menempatkan Indonesia sebagai negara yang penduduknya malas jalan kaki. Mereka menyebut Indonesia berada di peringkat 31 dari 46 negara yang penduduknya sering berjalan kaki.

Walau terlihat sederhana, faktanya jalan kaki menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk memperpanjang usia hidup.

“Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setiap kali kita berjalan kaki selama 1 jam, usia harapan hidup kita bertambah 2 jam,” kata dr. Sophia Hage kepada KlikDokter.

“Selain itu, karena jalan kaki termasuk olahraga aerobik maka juga bermanfaat meningkatkan kebugaran khususnya ketahanan paru,” tambahnya.

Tak hanya itu, rajin jalan kaki juga bisa memantik ide-ide brilian dari otak Anda. Dilansir Psychology Today, studi yang juga dilakukan Universitas Stanford pada 2014 mengungkapkan sejumlah fakta mengapa jalan kaki ampuh meningkatkan kreativitas:

1. Jalan kaki ampuh munculkan ide kreatif ketimbang duduk

Para partisipan dihadapkan pada beberapa aktivitas seperti duduk diam menghadap dinding kosong, berjalan di atas treadmill, hingga pergi ke luar. Hasilnya, kreativitas partisipan meningkat rata-rata 60 persen ketika berjalan dibandingkan duduk. Menurut para peneliti, berjalan membantu mengeluarkan ide-ide, dan merupakan solusi sederhana namun kuat untuk meningkatkan kreativitas.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy