Rakornas Ketahanan Ekososbud di Kendari, Dirjen Polpum Kemendagri: Ini Pertemuan Sangat Penting

Rakornas Ketahanan Ekososbud di Kendari, Dirjen Polpum Kemendagri: Ini Pertemuan Sangat Penting
Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar di acara Rakornas Bidang Ketahanan Ekososbud di Kendari, Sultra, Selasa (11/4). Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com - KENDARI - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Polpum Kemendagri) Bahtiar menekankan tentang pentingnya menjaga kerukunan masyarakat, terutama menjelang penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.

Bahtiar mengatakan hal tersebut di acara Rakornas Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya (Ekososbud) dengan tema “Sinergi Memantapkan Kerukunan Sosial Masyarakat dalam Mewujudkan Pemilu Aman, Damai dan Harmoni” yang digelar secara hybrid dari Hotel Claro Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/4).

“Hari ini adalah pertemuan yang sangat penting dan agak spesifik, memang judulnya bidang ketahanan ekonomi, sosial, budaya dengan titik tekannya tentang kerukunan sosial, baik dalam, rangka pemilu maupun dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan pembangunan sehari-hari,” kata Bahtiar.

Rakornas ini diikuti perwakilan sejumlah kementerian/lembaga (K/L) seperti Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN), hingga jajaran TNI/Polri.

Dikatakan Bahtiar bahwa kementerian/lembaga memiliki otoritas dan kemampuan dalam mengharmonisasi program, juga melakukan sinergi dalam penguatan ketahanan nasional Indonesia agar menjadi semakin kuat.

“Kemudian yang mengharmonisasi ini secara nasional dari sisi pembangunan tentu Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Kementerian (PPN/)Bappenas RI. Kemudian dari Kemendagri ada Dirjen Bina Pembangunan Daerah dan ada dari Dirjen Bina Keuangan Daerah,” terang birokrat bergelar doktor ilmu pemerintahan itu.

Dia berharap acara ini menjadi momentum K/L untuk mendialogkan persoalan terkait ketahanan sosial budaya di Indonesia.

Sebab, menurut Bahtiar, pembicaraan terkait ketahanan sosial budaya yang terkoordinasi secara nasional masih jarang dilakukan.

Terkait Pemilu 2024, Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar menyampaikan pesan penting saat Rakornas Bidang Ketahanan Ekososbud di Kendari, Sultra.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News