Ramadan Sudah Dekat, Penjual Daging Ayam Semringah

Ramadan Sudah Dekat, Penjual Daging Ayam Semringah
Pedagang daging ayam di pasar. Foto ilustrasi: jambiekspres/jpg

jpnn.com, MALANG - Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Malang mengalami naik menjelang puasa Ramadan 1442 Hijriah.

Kasi Pengendalian dan Pengawasan Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Luh Putu Eka Wilantari mengatakan, saat ini harga daging ayam sudah menyentuh Rp37 ribu perkilogram.

"Sekarang ini mulai ada kenaikan harga daging ayam, ada yang sampai Rp 37 ribu per kilogram, kalau harga normal biasanya di bawah Rp30 ribu,” ujarnya, Jumat 9 April 2021.

Luh Putu menambahkan, kenaikan harga daging ayam dipicu permintaan dari konsumen semakin banyak menjelang Ramadan, sedangkan stok di pasaran sedikit.

"Mungkin karena permintaannya banyak, lalu pasokan berkurang sehingga, peternak panen muda. Ayam belum waktunya dipotong langsung dipotong," katanya.

Luh Putu menambahkan meski terjadi kenaikan harga daging ayam, tetapi angka tersebut dinilai masih wajar dan tidak timbul gejolak di pasaran. Namun, apabila nanti harga daging ayam terus naik, pihaknya akan menggelar operasi pasar.

"Melalui operasi pasar murah, Diskopindag Kota Malang akan datang langsung ke peternak ayam. Peternak nanti menjual di bawah harga pasar. Itu langkah kami kalau ada kenaikan terus. Kami masih mantau," ujarnya. (flor/jpnn)

Sekarang ini mulai ada kenaikan harga daging ayam, ada yang sampai Rp 37 ribu per kilogram.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News