JPNN.com

Ramadan, Tingkat Konsumsi Elpiji 3 Kg Naik

Jumat, 17 Mei 2019 – 17:18 WIB Ramadan, Tingkat Konsumsi Elpiji 3 Kg Naik - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tingkat konsumsi liquefied petroleum gas (LPG) 3 kilogram alias elpiji melon, memasuki Ramadan 2019, secara nasional meningkat. Dari yang biasanya 7 juta tabung setiap hari menjadi sekitar 7,8 juta tabung per hari, atau naik 10 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

Namun, masyarakat tidak perlu resah. PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan elpiji sampai Idul Fitri aman. ’’Kami pastikan elpiji 3 kilogram tersedia dengan cukup sesuai dengan kebutuhan masyarakat,’’ ujar Direktur Pemasaran Ritel PT Pertamina (Persero) Mas’ud Khamid.

Pada periode 6–13 Mei 2019, konsumsi harian elpiji melon menjadi 23.338 metrik ton (MT) dari sekitar 21.269 MT.

Mulai Ramadan hingga Idul Fitri nanti, Pertamina menyiapkan pasokan tambahan sekitar 15 persen. Selain itu, Pertamina menyiapkan 33 ribu pangkalan siaga di seluruh Indonesia. Juga sekitar 539 stasiun pengisian dan pengangkutan bulk elpiji (SPPBE).

BACA JUGA: 2 Cara Efektif Turunkan Harga Tiket Pesawat

Mas’ud menambahkan bahwa Pertamina telah memetakan kebutuhan agen dan pangkalan di tiap-tiap daerah. Dengan begitu, penyalurannya lebih tepat sasaran. Sebab, elpiji melon adalah produk yang disubsidi pemerintah.

Dia mengimbau masyarakat yang mampu agar tidak menggunakan elpiji melon. Namun, elpiji 3 kilogram berwarna pink fuschia yang dikenal sebagai bright gas.

Bright gas untuk masyarakat mampu, menurut Mas'ud, sudah semakin mudah diperoleh. ’’Nanti juga ada petugas yang bisa memasangkan sekalian,’’ katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...