Ramalan Cuaca Besok hingga Tiga Hari ke Depan, Wilayah Ini Wajib Waspada!

Ramalan Cuaca Besok hingga Tiga Hari ke Depan, Wilayah Ini Wajib Waspada!
BMKG mengeluarkan surat edararan peringatan dini cuaca ekstrem dalam tiga hari mendatang. Foto: Antara

jpnn.com, KUPANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Eltari Kupang, mengeluarkan surat edararan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Nusa Tenggara Timur, Kamis (27/1).

BMKG menyebut wilayah Nusa Tenggara Timur, berpotensi diguyur hujan disertai petir dan angin kencang selama tiga hari berturut-turut, pada 27-29 Januari 2022.

Menurut BMKG wilayah yang mengalami hujan disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat adalah Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, Alor, Belu, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, dan TTU pada 27 hingga 29 Januari.

Kemudian, pada 28 Januari, TTS dan Rote yang berpotensi hujan yang disertai petir dan angin kencang. Namun, berdurasi singkat.

Wilayah Sumba Tengah, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, TTS, Malaka, dan Manggarai Barat berpotensi dilanda hujan disertai petir dan angin kencang.

Adapun wilayah yang berpotensi terjadinya angin kencang pada 27-29 Januari yaitu Flores Timur, Lembata, Pulau Alor, Pulau Timor, Pulau Sabu, Pulau Sumba, dan Pulau Rote. 

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Eltari BMKG Kupang Agung Sudiono Abadi menjelaskan saat ini wilayah NTT sedang berada pada musim hujan dengan kelembapan udara yang cukup tinggi. 

Potensi pertumbuhan awan hujan (konvektif) yang masih aktif  menyebabkan terjadinya hujan ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang. 

BMKG mengeluarkan surat edararan peringatan dini cuaca ekstrem dalam tiga hari mendatang. Waspada!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News