Ramalkan Ukuran Tikus Bakal Melebihi Sapi

Ramalkan Ukuran Tikus Bakal Melebihi Sapi
Ramalkan Ukuran Tikus Bakal Melebihi Sapi

jpnn.com -  LONDON - Mungkinkah tikus kelak berevolusi menjadi hewan yang lebih besar lagi? Dr. Jan Zalasiewicz, seorang ahli geologi dari Universitas Leicester, Inggris meyakini hal itu bisa terjadi sebagaimana siklus yang diajarkan teori evolusi.

Bahkan Jan, meyakini suatu saat nanti ketika  mamalia-mamalia besar seprti kuda atau  sapi punah, tikus dapat lebih besar dari kedua hewan tersebut. ‘’Hewan akan berkembang, dari waktu ke waktu, ke dalam disain apapun yang akan  memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dan menghasilkan keturunan, ‘’ ujarnya seperti dilansir Daily Mail, Senin (3/2).

Berubahnya iklim bumi dari waktu ke waktu akan mempengaruhi perubahan fisik hewan sebagai respon atas perubahan lingkungan mereka. Sebagai contoh pada periode creataceous yang dihuni oleh dinosaurus sejumlah mamalia hidup seukuran tikus. Hal ini terjadi karena dinosaurus menghuni ruang alam yang lebih luas.

‘’Mengingat waktu yang cukup, tikus mungkin bisa tumbuh menjadi setidaknya sama besar dengan kapibara, hewan pengerat terbesar di dunia, yang hidup hari ini, yang bisa mencapai 80 kilogram,’’ imbuhnya. "Jika ruang ekologi cukup kosong, maka mereka bisa tumbuh lebih besar." imbuhnya.

Kapibara kini tercatat sebagai hewan pengerat terbesar yang masih bertahan di Amerika Selatan. Selain itu, tikus memiliki sifat yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Hal ini diyakini akan membuat hewan ini bisa bertahan lebih lama dari hewan lain. ‘’Tikus adalah satu contoh terbaik dari spesies yang telah kita bantu penyebarannya di seluruh dunia, dan mereka telah berhasil beradaptasi  dalam banyak lingkungan baru di mana mereka menemukan diri mereka,’’ imbuhnya.

Jan menyebut gejala perubahan fisik hewan kecil menjadi lebih besar dikenal sebagai gigantism. Yakni sebuah evolusi yang terjadi dalam waktu tertentu pada hewan untuk terus tembuh membesar sebagai respon atas kosongnya ruang ekologi karena ditinggal oleh hewan yang lebih besar. Sebagai contoh, kerabat jauh dari moyang paus biru hanya sebesar srigala.

‘’Hewan bisa berevolusi menjadi lebih kecil serta ukuran lebih besar. Ini akan tergantung pada keadaan tertentu  tempat mereka menemukan diri mereka dan  tekanan selektif apa  yang terjadi pada mereka,’’ sambungnya.(zul/jpnn)

 LONDON - Mungkinkah tikus kelak berevolusi menjadi hewan yang lebih besar lagi? Dr. Jan Zalasiewicz, seorang ahli geologi dari Universitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News