Rame-Rame Hapus Eselon 1

Jumlah Kementerian Juga Dirampingkan Dari 34 Jadi 25

Rame-Rame Hapus Eselon 1
Rame-Rame Hapus Eselon 1
JAKARTA - Gerakan perampingan birokrasi pemerintah pusat mulai berjalan. Saat ini sejumlah kementerian/lembaga (K/L) sudah berani memangkas jabatan eselon 1 masing-masing. Upaya ini diklaim mampu mengatasi tumpang tindih pekerjaan dan telah menyedot anggaran puluhan triliun rupiah.

Upaya perampingan postur birokrasi pemerintah pusat ini dimotori oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Mereka lantas menularkannya kepada 15 K/L lain, dengan dimasukkan dalam pilot project perampingan postur birokrasi.

Ke-15 K/L itu diantaranya adalah Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Dari seluruh K/L yang masuk dalam pilot project tersebut, gerakan perampingan postru birokrasi ini masih berjalan di Kemen PAN-RB, Kemenkeu, BKN, dan LAN.

Wamen PAN-RB Eko Prasojo mengatakan, di tempatnya sebelumnya ada enam kursi eselon 1. "Tetapi sekarang kita rampingkan menjadi empat eselon 1 saja," ujar guru besar Universitas Indonesia (UI) itu. Eko mengatakan, usulan perampingan di Kemen PAN-RB ini sudah hampir beres. Tinggal pematangan di kantor presiden sebagai pucuk pemerintahan.

JAKARTA - Gerakan perampingan birokrasi pemerintah pusat mulai berjalan. Saat ini sejumlah kementerian/lembaga (K/L) sudah berani memangkas jabatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News