Rampingkan PNS, Outsourcing Diperbanyak

Rampingkan PNS, Outsourcing Diperbanyak
Rampingkan PNS, Outsourcing Diperbanyak
JAKARTA--Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang saat ini mencapai  4,7 juta menjadi masalah utama program reformasi birokrasi di bidang SDM aparatur.  Itu sebabnya dalam sepuluh tahun ke depan harus dapat tercipta jumlah pegawai yang ideal.

“Dengan konsep zero growth, berarti dalam sepuluh tahun ke depan akan ada 1,25 juta sampai 1,3 juta pegawai yang pensiun,” ungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Azwar Abubakar dalam keterangan persnya, Minggu (4/12).

Jumlah pegawai yang pensiun ini, lanjutnya, harus digantikan dengan pegawai yang benar-benar memiliki kompetensi. Bukan itu saja, idealnya, jumlah PNS itu berkurang hingga sekitar 40 persen dalam 10 tahun ke depan. Karena itu, PNS yang akan direkrut maksimal 80 ribu per tahun.

Untuk mengatasi kebutuhan tenaga ahli, ke depan akan diperbanyak tenaga konsultan atau outsourcing, sehingga birokrasi pemerintah ini menjadi ramping, tetapi padat berisi. “PNS mestinya diisi para lulusan terbaik. Sangat tidak masuk akal ketika PNS disamakan dengan lapangan kerja, yang digunakan untuk menampung pengangguran,” tandasnya.

JAKARTA--Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang saat ini mencapai  4,7 juta menjadi masalah utama program reformasi birokrasi di bidang SDM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News