Rano Karno: Ini Soal Cara, Bukan Perda

Rano Karno: Ini Soal Cara, Bukan Perda
Rano Karno. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur Banten Rano Karno mengatakan masalah razia terhadap para pedagang makanan yang buka di bulan Ramadan di wilayahnya lebih kepada caranya saja. Soal regulasinya menurut Rano, secara substansi sudah baik.

"Razia yang memicu polemik di tengah masyarakat itu hanya soal cara. Hal yang saya sesalkan, kenapa aturannya yang digugat dan dipersoalkan terus-menerus," kata Rano dalam rilisnya, Senin (20/6).

Kalau masalahnya ada pada bagaimana peraturan ditegakkan ujar Fadli, lalu kenapa regulasi baiknya justru dipandang harus hilang?

"Kita semua mestinya mendudukkan persoalan pada proporsinya. Kandungan perintah baik yang diterjemahkan melalui Perda harus diletakkan sesuai dengan proporsinya," pinta Rano.

Dijelaskannya, semangat dari regulasi, hukum, dan aturan bukan untuk membatasi kebebasan, melainkan untuk memastikan kebebasan yang dimiliki setiap individu tidak sekonyong-konyong merusak dan meluluhlantakkan sendi dan pertalian sosial di tengah masyarakat.

"Kalau mempersoalkan cara Satpol PP dalam menegakkan aturan, maka fokuslah pada caranya. Jangan lantas regulasi yang sudah benar hendak dihapuskan. Kalau ada seorang muslim bertindak tak benar, jangan berpikir Islam atau Al Qurannya yang salah. Itu sesat logika, namanya," pungkas Rano.(fas/jpnn)


JAKARTA - Gubernur Banten Rano Karno mengatakan masalah razia terhadap para pedagang makanan yang buka di bulan Ramadan di wilayahnya lebih kepada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News