Rapat Kerja I HCI Soroti Keberlanjutan Industri Kuliner Indonesia

Rapat Kerja I HCI Soroti Keberlanjutan Industri Kuliner Indonesia
Rapat Kerja I HCI Soroti Keberlanjutan Industri Kuliner Indonesia. Foto: HCI

jpnn.com, JAKARTA - Rapat Kerja I HIPMI Culinary Indonesia (HCI) di Jakarta, menyoroti isu keberlanjutan pangan dan peran aktif HCI dalam menjaganya.

Ketua Badan Otonom (Banom) HCI, Chikita Virginia Sebayang mengatakan bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya kuliner yang tiada tara.

Namun, kata Chikita, keberlanjutan dalam pangan adalah tanggung jawab bersama yang tidak boleh diabaikan.

"Kami berkomitmen untuk memimpin dalam upaya menjaga dan memajukan industri kuliner Indonesia secara berkelanjutan," ujar Chikita, dalam keterangannya, Rabu (27/9).

Menurut dia, pendekatan yang diusung oleh HCI dalam menjalankan visi ini adalah dengan memprioritaskan penggunaan bahan makanan lokal dan organik.

Dengan cara ini, mereka mendukung petani dan produsen dalam negeri dalam mengurangi dampak lingkungan yang dihasilkan oleh pengiriman bahan makanan dari luar negeri.

"Selain itu, pendidikan juga menjadi fokus utama HCI. Pendidikan tentang praktik pertanian berkelanjutan, pengolahan limbah makanan, dan pengurangan pemborosan makanan akan menjadi fokus utama kami," tuturnya.

Ini adalah langkah penting dalam mengubah paradigma masyarakat dan memastikan generasi mendatang memahami pentingnya keberlanjutan pangan.

Rapat Kerja I HCI menyoroti keberlanjutan industri kuliner Indonesia. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News