Rapor Merah, Guru Bersertifikasi Disanksi

Rapor Merah, Guru Bersertifikasi Disanksi
Rapor Merah, Guru Bersertifikasi Disanksi
JAKARTA--Rencana evaluasi atau penilaian atas kinerja guru yang telah melakukan sertifikasi dan selama ini mendapatkan tunjangan profesi merupakan prioritas Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). Hal tersebut diungkapkan Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Unifah Rosyidi ketika ditemui di ruang kerjanya di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Jumat (23/9).

Menurutnya, program penilaian atau evaluasi guru pasca sertifikasi sudah diatur di dalam Peraturan Menpan-RB (Permen PAN-RB) Nomor 16/2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya. Sementara selama ini, belum pernah ada sama sekali angka yang menunjukkan  skala indeks kinerja guru.

"Maka dari itu, pemerintah tidak akan menunda untuk melakukan evaluasi penilaian guru ini. Penilaian akan dilakukan di tahun 2012. Bahkan, juga sudah ada sanksi yang akan diberikan kepada para guru bersertifikat tidak berkualitas atau kinerjanya menurun," terangnya. Hanya saja, tidak dijelaskan jenis sanksi dimaksud.

Di dalam proses evaluasi tersebut, tegasnya, juga ada konsekuensi terhadap tunjangan profesi, peningkatan karir, dan jabatan fungsional guru.

JAKARTA--Rencana evaluasi atau penilaian atas kinerja guru yang telah melakukan sertifikasi dan selama ini mendapatkan tunjangan profesi merupakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News