Ratusan Artefak Afghanistan Dikembalikan

Ratusan Artefak Afghanistan Dikembalikan
Ratusan Artefak Afghanistan Dikembalikan
LONDON - British Museum London membantu upaya pemulangan ratusan benda-benda bersejarah artefak arkeologi yang dirampas dari Afghanistan. Benda-benda purbakala tersebut akan dikembalikan ke museum nasional negara itu.

Menurut BBC (5/8), sebanyak 843 buah artefak yang dicuri dari Afghanistan selama perang sipil pada 1990an dan dijual ke pasar gelap. Sebagian dari mereka, termasuk patung Budha yang terbuat dari batu dan gading ukiran, yang berusia lebih dari 4.000 tahun.

Sejumlah artefak yang dicuri ditemukan oleh pasukan perbatasan Inggris dan polisi, sementara yang lain telah menjadi koleksi pribadi dan dibeli kembali oleh para donatur. Satu patung Budha, yang diperkirakan berusia lebih dari 1.800 tahun, dicuri dari museum di Kabul dan ditemukan di Jepang.

Kementrian Pertahanan Inggris lantas menerbangkan kembali benda ini ke Afghanistan, dan sampai di pangkalan militer mereka di Bastion kam. Arkeolog Afghanistan mengatakan pemulangan kembali benda berharga ini dapat menjadi kebanggan nasional. Benda bersejarah ini sebelumnya dikhawatirkan akan hilang selamanya.

LONDON - British Museum London membantu upaya pemulangan ratusan benda-benda bersejarah artefak arkeologi yang dirampas dari Afghanistan. Benda-benda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News