Ratusan Artefak Mesir Ditemukan di Sydney

Ratusan Artefak Mesir Ditemukan di Sydney
Ratusan Artefak Mesir Ditemukan di Sydney

Sejumlah koleksi barang antik Mesir ditemukan selama pembersihan rumah di Sydney, Australia, dan kini telah disumbangkan ke museum arkeologi.

Penemuan itu terjadi di rumah keluarga Rosemary Beattie yang mengaku waktu kecil dia memang pernah diperlihatkan benda yang tampak seperti mumi kucing di rumah neneknya itu.

"Kami datang melihat-lihat, dan saya pikir oh, itu kucing," kata Beattie.

Barang yang dibungkus kain itu adalah merupakan salah satu dari barang antik milik kakeknya, Dr. John Basil St Vincent Welch, yang dibawanya pulang sebagai petugas medis dalam Perang Dunia I.

Ratusan Artefak Mesir Ditemukan di Sydney Photo: John Basil St Vincent Welch (kiri) di Cairo circa 1915. Dia bertugas di Gallipoli, Perancis dan Mesir. (Supplied: Australian War Memorial)

Diyakini bahwa kakeknya mendapatkan bantuan dari penerjemah setempat dalam membeli barang-barang antik ini sebagai oleh-oleh dari Mesir.

"Dia membawa kembali kenangan indah," kata Beattie kepada Chris Bath dari ABC.

Bersih-bersih rumah

Ratusan Artefak Mesir Ditemukan di Sydney Photo: Di bagian bawah dari scarab yang terbuat dari kaca ini dimana terdapat paku yang menembus dibagian tengahnya adalah hieroglif Mesir untuk kata 'baik' atau 'kesempurnaan'.
(Disediakan: University of Sydney)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News