Ratusan Atlet Disabilitas Intelektual Siap Berlaga di Pornas

Ratusan Atlet Disabilitas Intelektual Siap Berlaga di Pornas
Tes mencari calon atlet angkat besi. Foto: istimewa

jpnn.com, PEKANBARU - Ratusan altel disabilitas intelektual siap berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional ke-8 Special Olympics Indonesia (Pornas VIII SOIna 2018) yang diselenggarakan di Riau, 19-23 Juli mendatang. 

Event olahraga empat tahunan ini akan diikuti sekitar 2.000 atlet, pelatih, official dan relawan dari 22 provinsi di Indonesia. Ajang ini akan mempertandingkan 12 cabang olahraga. Antara lain atletik, tenis meja, renang, basket, hingga bowling.

Sekjen SOIna Iskandar Adisatputra dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (5/7) mengatakan Pornas tersebut merupakan kompetisi tingkat nasional SOIna yang bertujuan memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas intelektual untuk berkompetisi di bidang olahraga. 

Pornas ini sekaligus menyeleksi atlet penyandang disabilitas intelektual terbaik yang berasal dari seluruh pelosok tanah air, untuk dipersiapkan mewakili Indonesia pada event dunia empat tahunan, Special Olympics World Summers Games (SOWSG) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Maret 2018.

"Dalam kompetisi ini, SOIna menggunakan sistem kompetisi sesuai standar special olympics international, diawali pembagian atlet berdasarkan divisi dan kemampuan yang sama. Setelahnya para atlet akan berkompetisi untuk menemukan pemenang," ucap Iskandar. 

Pada konferensi pers yang diikuti International Messenger Special Olympics International Sthepanie Handojo, dan Ketua Bidang Olahraga Pornas SOIna Mustara Musa, Iskandar juga menjelaskan bahwa Pornas VIII diselenggarakan bersamaan dengan peringatan 50 tahun Special Olympics International. 

Sesuai rencana, Pornas VIII SOIna di Riau akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Narhawi pada 20 Juli mendatang.(fat/jpnn)

 

Pembagian atlet berdasarkan divisi dan kemampuan yang sama di Pornas dan setelahnya akan berkompetisi untuk menemukan pemenang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News