Ratusan Hektare Sawah Rusak Terendam Banjir

Ratusan Hektare Sawah Rusak Terendam Banjir
Para petani di Desa Bunder Kecamatan Widasari memantau sawahnya yang masih tenggelam akibat banjir. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

jpnn.com - WIDASARI-Ratusan hektar sawah di Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terendam banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terus turun selama beberapa hari terakhir.

Akibatnya, para petani di pemilik lahan-lahan tersebut mengalami kerugian hingga mencapai ratusan juta rupiah.

“Setelah hujan lebat setiap hari membuat sungai di wilayah Kecamatan Widasari meluap dan membanjiri sawah kami sudah ada semaiannya untuk persiapan tanam musim ini. Tapi karena hujan, banyak semaian petani yang tenggelam dan rusak.,” tutur H Surakman selaku Ketua Kelompok Tani Tani Bakti II kepada Radar Indrmayu, Minggu (30/10).

Tak hanya tanaman padi, bencana itu juga merusak tanaman buah semangka, cabai dan palawija. 

Kondisi ini membuat petani terpaksa memanen lebih awal buah mereka meskipun belum masuk musimnya.

Sementara itu, Koordinator BPP Kecamatan Widasari Sunarto Amd mengatakan, area pertanian di wilayahnya memang sangat rentan banjir. 

Karenanya, guna melindungi warga dari kerugian, pihaknya sudah mengasuransikan seluruh sawah milik petani. 

“Kami sudah mengasuransikan  seluruh sawah yang ada di wilayah Kecamatan Widasari seluas 2.856 Ha. Jadi, jika petani mengalami kondisi yang seperti ini (kebanjiran, red) tidak mengalami kerugian,” ujarnya. (oni/dil/jpnn)


WIDASARI-Ratusan hektar sawah di Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terendam banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News