Ratusan Kuda Terbang ke Tokyo

Ratusan Kuda Terbang ke Tokyo
Atlet berkuda Steven Menayang beraksi di Arthayasa Stable, Limo, Depok, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. HO/Tim media FEI Jumping

jpnn.com, TOKYO - Ratusan kuda bakal mendarat di Tokyo Haneda Airport dan beberapa di antaranya tiba pada Kamis (15/7) malam waktu setempat.

Itu bukan kuda sembarangan, tetapi kuda Olimpiade Tokyo 2020.

Ratusan kuda tersebut akan bersaing bersama para penunggangnya dalam tiga nomor berkuda, yaitu tunggang serasi, lompat rintangan dan trilomba -satu-satunya olahraga Olimpiade di mana laki-laki dan perempuan bersaing secara individu dengan syarat yang sama.

Ratusan kuda yang masing-masing memiliki bobot 510-630 kg itu berada di kandang khusus -- masing-masing kandang berisi dua kuda -- bersuhu 16 derajat celcius dan ditemani oleh pengawas kuda dan dokter hewan dalam perjalanan di penerbangan.

Tak bisa penerbangan biasa. Harus dilakukan oleh agen transportasi yang memiliki spesialisasi transportasi kuda, seperti Peden Bloodstock, yang telah mengorganisir transportasi kuda Olimpiade dan Paralimpiade sejak 1960.

Namun, ini adalah pertama kalinya Bandara Haneda menangani pengiriman bermuatan kuda, yang masing-masingnya bernilai tinggi.

"Ini bukan sekadar kuda, mereka adalah kuda Olimpiade," kata administrator Bandara Internasional Tokyo, Takahashi Koji, dikutip dari Reuters, Jumat.

"Ini adalah malam yang sangat besar bagi bandara, dan khususnya untuk tim kargo, dan kami melihatnya sebagai salah satu tonggak utama penghitungan mundur terakhir Olimpiade Tokyo 2020," imbuhnya.

Malam yang istimewa buat pihak bandara di Tokyo, khususnya tim kargo, karena melihat kuda mendarat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News