Ratusan Masyarakat Banten Deklarasi Jadi Relawan Pejuang Puan Maharani

Ratusan Masyarakat Banten Deklarasi Jadi Relawan Pejuang Puan Maharani
Warga dari kelompok buruh, tani, tokoh masyarakat, dan pemuda mendeklarasikan diri sebagai sebagai Relawan Pejuang Puan Maharani Banten. Foto: dok. Relawan Pejuang Puan Maharani

jpnn.com, BANTEN - Ratusan orang dari kelompok buruh, tani, tokoh masyarakat, dan pemuda mendeklarasikan diri sebagai sebagai Relawan Pejuang Puan Maharani Banten, Minggu (31/7).

Koordinator Relawan Pejuang Puan Maharani Banten Dzakir Irham mengatakan sukarelawan tersebut terbentuk sebagai dukungan kepada Puan Maharani untuk maju Pilpres 2024.

Dzakir juga menyebut deklarasi rakyat tersebut menggambarkan situasi politik di Banten, di mana Puan Maharani mendapat tempat di sebagian besar kelompok tani, buruh, dan masyarakat desa.

"Seluruh peserta deklarasi tidak ada satu pun dari kader parpol, murni masyarakat di tingkat bawah," kata Dzakir pada Senin (1/8).

Banten Selatan yang didominasi kelompok masyarakat agraris, katanya, menyambut antusias munculnya nama Puan Maharani menjadi salah satu calon presiden (capres).

"Banyak pemimpin perempuan lahir di Banten sehingga masyarakat punya perasaan berbeda ketika ada Puan Maharani sebagai kandidat Capres 2024," ujar Dzakir.

Pengamat Politik Universitas Islam Syekh Yusuf Adib Miftahul mengatakan dukungan tersebut menjadi bukti bahwa Puan dinilai sebagai sosok yang diingat secara kolektif oleh masyarakat.

"Puan kalau disurvei sering tidak masuk urutan atas. Makanya, getaran politik dengan deklarasi ini saya kira penting, bahwa pesan yang disampaikan ialah pilpres bukan soal survei saja, tetapi akar rumput militansi juga punya andil besar," tutur Adib.

Ratusan masyarakat dari kelompok buruh, tani, tokoh masyarakat, dan pemuda mendeklarasikan diri sebagai sebagai Relawan Pejuang Puan Maharani Banten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News