Ratusan Meter Terumbu Karang Pulau Pari Rusak Dihantam Kapal

Ratusan Meter Terumbu Karang Pulau Pari Rusak Dihantam Kapal
Kapal Gandha Nusantara terdampar di atas terumbu karang perairan Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Terumbu karang di perairan Pulau Pari ditabrak kapal Gandha Nusantara sehingga mengalami kerusakan, Sabtu (5/5) kemarin. Kapal yang berangkat dari Banjarmasin menuju Pulau Tidung itu merusak terumbu karang seluas 370 meter persegi.

"Telah terjadi kerusakan terumbu karang di Pulau Pari akibat tertabrak Kalal Gandha Nusantara 15 GT (Gross Tonnage) 92. Terima laporan Sabtu sekitar jam 19.15 WIB," kata Anggota Daerah Perlindungan Laut Berbasis Masyarakat (DPL -BM) Pulau Pari Hasyim dalam keterangan yang diterima JPNN, Senin (7/5).

Hasyim mengaku pihaknya sudah meninjau lokasi kerusakan terumbu karang tersebut. Menurutnya, kapal yang bersandar itu sangat merusak lingkungan biota laut.

"Jadi hingga pada hari ini kapal tersebut masih kandas dan telah mengkibatkan kerusakan pada terumbu karang hidup yang diperkirakan seluas 370 meter di sekitarnya," kata dia. (tan/jpnn)


Terumbu karang di perairan Pulau Pari ditabrak kapal Gandha Nusantara sehingga mengalami kerusakan, Sabtu (5/5) kemarin.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News