Ratusan Penambang Emas Liar Padati Riam Kanan

Ratusan Penambang Emas Liar Padati Riam Kanan
Ratusan Penambang Emas Liar Padati Riam Kanan
MARTAPURA- Kawasan Riam Kanan, kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan kembali dipadati penambang emas liar. Peningkatan aktivitas pertambangan rakyat di kawasan kaki pegunungan Meratus ini di khawatirkan akan merusak ekosistem dan berakibat pada rusaknya tanggul Riam Kanan yang dapat menyebabkan sebagian besar wilayah di Kalimantan Selatan mengalami banjir.

Menurut Ambar (40) warga Riam Kanan yang dihubungi JPNN menuturkan kawasan pegunungan Meratus dikenal sejak lama mengandung tambang emas yang sangat banyak. Bahkan, pada penjajahan Jepang kawasan Riam Kanan sudah dikenal dengan tambang emas dan intan yang jumlahnya sangat banyak.

“Dulu mudah sekali mendapatkan emas di sini. Karena pembangunan riam untuk PLTA, maka air menjadi dalam dan beberapa kawasan tenggelam. Lalu, warga mencari-cari daerah kaki gunung yang masih banyak mengandung emas,” kata Ambar.

Ditambahkan, meningkatnya aktivitas pertambangan emas liar ini karena ada kabar yang menyebutkan ada penambang yang mendapatkan emas dalam jumlah besar. “Jadi ceritanya ada pasutri yang dapat emas hampir sekilo. Mereka langsung setor buat ONH (ongkos naik haji, red). Mereka bercerita dapat duit karena menambang emas. Kontan saja itu memicu penambangan menjadi lebih marak,” terang Ambar.

MARTAPURA- Kawasan Riam Kanan, kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan kembali dipadati penambang emas liar. Peningkatan aktivitas pertambangan rakyat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News