Ratusan Pohon di Taman Kehati Sukabumi Menciptakan Harmonisasi Manusia dan Alam

Ratusan Pohon di Taman Kehati Sukabumi Menciptakan Harmonisasi Manusia dan Alam
Penanaman pohon di Taman Kehati dilakukan setiap tahun agar luas tutupan hijau terbuka makin luas. Penanaman pohon juga dilakukan dengan sistem tumpang sari. Foto: Dok Danone Aqua

jpnn.com, SUKABUMI - Pabrik AQUA Babakanpari telah membangun taman keanekaragaman hayati (Taman Kehati) di lahan seluas 5,5 hektare di Kecamatan Cidahu, Sukabumi, sejak 2010 lalu.

Taman itu kini dipenuhi pohon-pohon besar dan bersebelahan langsung dengan kawasan pabrik yang dibagi dua zona, dipisahkan jalan penghubung antar-kampung.

"Zona pertama ditanam berbagai jenis pohon endemik, pohon asli setempat, pohon bernilai ekonomi tinggi, pohon yang terancam punah, tanaman obat, maupun pohon buah," ujar Corporate Communications Director Danone Indonesia,Arif Mujahidin, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/2/2023).

Ada sekitar 113 jenis pohon yang ditanam di antaranya eboni (diospyros celebecca), engkala (litsea garciae), pulai (alstonia scholaris), kidahu (dracontomelon dao), rasamala (atingia excelsa), puspa (schima walicii), kayu manis (cinnamomum burmani), mindi (azadirach indica), damar (agathis damara), mahoni (swietenia mahagony), dan lain-lain.

Kepala Pabrik AQUA Babakanpari Eddwison Yasir menambahkan penanaman pohon di Taman Kehati ini dilakukan setiap tahun agar luas tutupan hijau terbuka makin luas.

"Penanaman dilaksanakan bersama masyarakat (kelompok tani), karyawan AQUA, LSM, dan dari beberapa dinas yang ada di Kabupaten Sukabumi," jelas

Pohon-pohon di taman kehati itulah yang membantu konservasi tanah dan air.

Selain pepohonan, sebagai upaya memasukkan air ke dalam tanah maka di Taman Kehati juga dibuat 20 rorak yang berfungsi sebagai peresap air dikombinasikan dengan fungsi lain yang berhubungan lebah klanceng yang dibudidayakan.

Pabrik AQUA Babakanpari telah membangun taman keanekaragaman hayati (Taman Kehati) di lahan seluas 5,5 hektare di Kecamatan Cidahu, Sukabumi, sejak 2010 lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News