Ratusan Tokoh Lintas Generasi Ajak Masyarakat Kawal Pemilu 2024

Ratusan Tokoh Lintas Generasi Ajak Masyarakat Kawal Pemilu 2024
Forum Lintas Generasi menggelar mimbar akademik terbuka di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta, Senin (27/11). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan aktivis, tokoh antikorupsi, tokoh pers, pengajar dan guru besar mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengawasi dan mengawal penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ajakan ini diinisiasi oleh Forum Lintas Generasi yang melakukan mimbar akademik terbuka di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta, Senin (27/11).

"Kami mengajak seluruh rakyat Indonesia agar berani bersuara jujur dan jernih dalam menghadapi Pemilu demi menghidupkan kembali budaya yang mengutamakan kemaslahatan umum, bukan kepentingan sempit elit politik," ucap Direktur Pascasarjana STF Driyarkara Karlina Supelli.

Menurut Karlina, para tokoh bangsa merasa prihatin atas pelemahan demokrasi yang berjalan senyap melalui institusi hukum.

Mulai dari Revisi Undang-undang Antikorupsi hingga puncaknya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang batas usia calon presiden dan calon wakil presiden yang memuluskan langkah putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka untuk melenggang ke kontestasi Pilpres 2024.

"Itu terang-terangan menodai rasa keadilan. Kita tidak boleh diam saja. Perusakan demokrasi terjadi dari dalam demokrasi itu sendiri melalui kerangka hukum," ujar Karlina.

Tuan rumah forum ini Simon Petrus Lili Tjahjadi, Yustinus Prastowo, Omi Komaria Madjid, Sulistyowati Irianto, Erry Riyana Hardjapamekas, Lukman Hakim Saifuddin, Goenawan Mohamad, Adrianus Lambu, Acep Jamaludin, dan Alan Pasaribu serta dimoderasi oleh Alif Iman.

Dalam mimbar yang dimulai pukul 13.00, forum dibuka dengan sekapur sirih oleh Karlina Supelli. Forum juga diisi dengan pernyataan-pernyataan di antaranya dari Ketua AJI Sasmito Madrim, tokoh pers Arif Zulkifli, pengajar Yanuar Nugroho, Salman Alfathan dari Bijak Memilih.

Ratusan aktivis, tokoh antikorupsi, tokoh pers, pengajar dan guru besar mengajak seluruh masyarakat untuk mengawasi dan mengawal penyelenggaraan Pemilu 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News