Ravi, Juara Lomba Penemu Nasional Bingung Mencari Dana Ikut Kompetisi Internasional

Ravi, Juara Lomba Penemu Nasional Bingung Mencari Dana Ikut Kompetisi Internasional
Muchamad Ravi Ramadhani. Foto: ANTARA/Heru Suyitno

jpnn.com, WONOSOBO - Muchamad Ravi Ramadhani, juara National Young Inventors Award Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) 2018, harus mencari donatur untuk ikut ajang kompetisi sains internasional di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, September nanti.

Ravi mengatakan seharusnya dirinya kini fokus pada persiapan hasil inovasi yang bakal dilombakan, tetapi saat ini justru dia bingung untuk mendapatkan dana berangkat ke ajang internasional tersebut.

Ravi lulusan SMAN 2 Wonosobo ini terpaksa harus membuka donasi kepada masyarakat melalui laman www.kitabisa.com. Saat ini dia baru mendapat bantuan dari Bagian Kesra Setda Wonosobo Rp 1 juta. Dia tidak punya banyak pilihan selain membuka donasi.

Ia lahir dari keluarga sederhana dan tinggal di Desa Bumiroso, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo. Dia hidup bersama tiga orang adiknya yang masih kecil serta hanya dengan seorang ibu single parent yang merupakan penjual tempe di Pasar Pagi Wonosobo.

Namun, hal ini rupanya tidak membatasi dirinya untuk terus berprestasi. Dia aktif di beberapa organisasi dan komunitas, yakni Indonesia Student and Youth Forum, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama (IPNU) dan Gusdurian.

Ravi menuturkan untuk membuat karya inovasi agar layak disandingkan dengan karya-karya dari negara lain, ia harus membeli perlengkapan dan peralatan elektronika sebesar Rp 8 juta, membayar biaya jasa laboratorium dan bengkel untuk bereksperimen sebesar Rp 2 juta.

BACA JUGA: Menteri Syafruddin Minta LIPI Hentikan Proses Reorganisasi

Selain itu, dia juga membutuhkan dana untuk membeli tiket perjalanan berangkat ke Abu Dhabi dan pulangnya sebesar Rp 10,5 juta.

Ravi terpaksa harus membuka donasi kepada masyarakat melalui laman www.kitabisa.com.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News