Menteri Syafruddin Minta LIPI Hentikan Proses Reorganisasi

Menteri Syafruddin Minta LIPI Hentikan Proses Reorganisasi
Menpan RB Syafruddin. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin memerintahkan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko untuk menghentikan sementara proses reorganisasi. Pasalnya, proses itu berdampak besar di kalangan internal LIPI.

Kepala LIPI juga diperintahkan membentuk tim penyelaras untuk menyelesaikan polemik reorganisasi di tubuh Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) tersebut.

"Saya minta kepala LIPI membentuk tim penyelaras untuk menyelaraskan seluruh langkah yang akan diambil oleh LIPI," ujar Menteri Syafruddin di Jakarta, Senin (18/2).

Tim penyelaras itu terdiri KemenPAN-RB, Kemenristekdikti, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan LIPI. "Jadi bukan LIPI sendiri yang menyelesaikan. Saya beri waktu satu minggu untuk menyelesaikan permasalahan terkait restrukturisasi. Masalah yang tidak selaras, tidak seimbang, tidak patut, agar diselesaikan,” tegasnya.

Kebijakan menghentikan sementara proses reorganisasi, lanjutnya, agar tidak menimbulkan info atau opini yang simpang siur di masyarakat dan internal LIPI.

Reorganisasi LIPI bertujuan pembenahan internal untuk menguatkan fungsi penelitian daripada administrasi. Namun saat pelaksanaanya, terjadi penolakan dari internal LIPI karena kurangnya sosialisasi. "Ini ada mis komunikasi sehingga simpang siur dan mencuat opini yang tidak baik di masyarakat," ujar Syafruddin.

Dia juga memastikan tidak ada struktur yang hilang sebagai dampak dari reorganisasi yang akan dilakukan oleh LIPI. "Tidak ada penghilangan struktur yang ada hanya pergeseran jabatan. Ini hanya pengalihan fungsi yang tadinya jabatan struktural menjadi jabatan fungsional," ucap Syafruddin.

Menteri PANRB juga membenarkan telah memberikan persetujuan terkait rencana reorganisasi tersebut. Persetujuan tersebut untuk kepentingan yang lebih besar, sehingga harus dipastikan pelaksanaan reorganisasi tersebut sesuai dengan rencana yang diusulkan. Kalau ada tindakan yang di luar usulan mereka itu yang harus dihentikan.

Menpan RB Syafruddin meminta agar proses reorganisasi di LIPI dihentikan karena menjadi polemik di internal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News