Ravi Shankar, Dunia Mengenang Dia Hari Ini

Sebuah Dedikasi dan Prestasi

Ravi Shankar, Dunia Mengenang Dia Hari Ini
Ravi Shankar. Foto: AFP

jpnn.com - SEBUAH sitar terpajang di halaman Google hari ini, Kamis 7 April 2016.

Alat musik klasik Hindustan yang menggunakan dawai itu memaksa pengguna untuk mengingat sosok komposer legendaris India, Ravi Shankar. Ya, dia lahir 7 April 1920, alias tepat 96 tahun yang lalu.

Siapa Shankar? Dia disebut-sebut memegang rekor berkarier musik terlama di dunia. Enam dekade.

Kalau boleh sedikit lancang, Shankar memang pantas selalu masuk dalam daftar lima musisi legendaris, terbesar, paling berpengaruh di dunia. Lainnya..sebut saja Ludwing Van Bethoven, Jimi Hendrik, John Michael Osbourne dan Bob Marley.

Shankar diakui dunia karena karyanya yang penuh 'kekuatan'. Pesona khas India, dia bawa ke dunia Barat. Kharismatik. Karakternya juga membuat musisi lain menaruh rasa hormat.

Dahulunya, Shankar adalah penari. Di usia sepuluh tahun, bungsu dari tujuh bersaudara ini sudah ikut tur ke Paris bersama kelompok tari milik saudaranya. Tiga tahun berselang, dia 'resmi' menjadi anggota kelompok.

Shankar kecil memang sudah berbakat. Selain menari, berbagai instrumen India dia tekuni. Shankar belajar bahasa Prancis, mengenal musik-musik western; klasik, jazz, juga menonton di bioskop.

Singkat cerita, pada tahun 1938, Shankar memutuskan 'pensiun' sebagai penari dan berguru musik klasik India ke Allaudin Khan, seorang guru yang keras. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News