Kamis, 17 Januari 2019 – 15:58 WIB

Rawan Longsor, Puluhan Warga Diungsikan

Senin, 17 Desember 2018 – 08:37 WIB
Rawan Longsor, Puluhan Warga Diungsikan - JPNN.COM

jpnn.com, JEMBER - Wilayah Gunung Gambir, Jember, Jatim rawan longsor susulan. Itu dimungkinkan setelah Sabtu (15/12) sore di kebun PTPN XII Gunung Gambir, Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, longsor terjadi di dua lokasi yang berdekatan. Apalagi, curah hujan di atas bukit masih tinggi.

Untuk itu, seluruh karyawan yang menempati rumah dinas perkebunan Gunung Gambir terpaksa diungsikan.

Mereka terdiri atas 20 kepala keluarga dengan jumlah 86 jiwa dan ditempatkan di salah satu musala, tidak jauh dari lokasi longsor.

"Karena hujan terus dan cukup deras, atas kesepakatan muspika, BPBD Jember, dan pihak kebun, 86 jiwa yang awalnya di Musala Baitul Jannah dipindah menempati Vila Rengganis milik kebun Gunung Gambir," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo kepada Jawa Pos Radar Jember.

Kusworo menjelaskan, pengungsian pertama di musala awalnya dianggap aman. Tetapi, ujar dia, karena dua lokasi tebing yang longsor hanya berjarak sekitar 75 meter, mereka dipindah.

"Dipindah ke vila. Jaraknya lumayan jauh dan di lokasi yang tinggi," ujarnya.

Setelah terjadi tanah longsor, anggota Polri-TNI, petugas BPBD Jember, pihak Tagana Jember, muspika setempat, pemerintah desa, dan warga setempat langsung melakukan bersih-bersih. Barang yang bisa diselamatkan dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Kusworo mengimbau warga di sekitar lokasi tanah yang longsor lebih waspada karena sangat rawan terjadi longsor susulan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar