Reaksi Fahri Hamzah Terkait Penahanan Habib Bahar bin Smith

Reaksi Fahri Hamzah Terkait Penahanan Habib Bahar bin Smith
Habib Bahar bin Smith. Foto: Miftahulhayat/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mendesak Polri menjelaskan apa yang sesungguhnya terjadi terkait pengusutan dan penahanan dai Habib Bahar bin Smith. Menurut Fahri, penjelasan ini perlu diberikan agar jangan muncul spekulasi lain di masyarakat.

“Ungkapkan apa adanya,” tegas Fahri kepada wartawan, Rabu (19/12).

Fahri mengatakan, adalah sebuah fakta bahwa Habib Bahar memang punya masalah dengan Polri sebelum bermasalah dengan pemerintah. Fahri menyebut bahwa Habib Bahar merupakan pengkritik berat pemerintah. Selain itu, Habib Bahar juga pernah diperiksa Polri dalam kasus lain. Sekarang justru ditahan untuk kasus yang lain pula.

“Di dalam alur itu, orang membacanya ini ada penargetan, begitu loh. Tapi oke, itu menjadi hak kepolisian,” katanya.

Nah, yang Fahri tidak setuju adalah kalau nanti Polri menjadi rusak gara-gara tidak menjelaskan kepada masyarakat apa yang sebetulnya terjadi. Sebab, kata Fahri, yang didengarnya adalah bahwa Habib Bahar membela diri dalam pengertian orang itu sudah melakukan kejahatan dulu kepadanya.

“Lalu dia  melakukan pembelaan diri atas kejahatan yang dilakukan oleh orang,” jelasnya.

Fahri menilai kasus Habib Bahar itu sama seperti dengan perkara yang menimpa mantan honorer Baiq Nuril di Nusa Tenggara Barat (NTB), di mana orang melecehkannya kemudian foto percakapan itu tersebar. Seharusnya, kata Fahri, jangan Baiq Nuril yang kena proses hukum, melainkan orang yang telah melecehkannya.

“Sama dengan Habib Bahar ini, jangan Habib Bahar-nya dulu yang kena, tapi orang yang melakukan kerugian kepada dia itu yang harusnya kena duluan begitu loh,” ungkap Fahri.

Untuk Habib Bahar bersama Habib Agil, dan Abdul Basit telah ditahan, sisanya belum dilakukan penahanan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News