JPNN.com

Reaksi Warga Australia soal Canberra Jadi Inspirasi Ibu Kota Baru Indonesia

Kamis, 20 Februari 2020 – 23:27 WIB Reaksi Warga Australia soal Canberra Jadi Inspirasi Ibu Kota Baru Indonesia - JPNN.com
Canberra sengaja dibangun di tengah belantara, seperti halnya yang akan dilakukan untuk ibukota baru di Kalimantan Timur. (ABC News)

Ibukota Canberra jauh dari sebuah kota yang ideal dibandingkan kota-kota lain di Australia, tapi Indonesia telah menyatakan terinspirasi untuk merancang ibukota barunya di Indonesia.

Pekan lalu, Presiden Joko Widodo berkunjung ke Canberra, dimana ia juga mendapat kesempatan terhormat untuk menyampaikan pidatonya di depan anggota parlemen Australia.

Ia sempat melihat-lihat kota Canberra, termasuk dari ketinggian Mount Ainslie, sambil menyampaikan rasa berkesannya dengan ibukota Australia itu.

"Saya kira kalau kita lihat tadi, tata kotanya sangat bagus sekali, ya yang baik-baik akan kita ambil untuk pembangunan ibukota baru," ujar Presiden Jokowi.

"Baik manajemennya, baik tata kotanya, kita lihat tadi di gedung-gedung pemerintah tidak ada yang tingginya lebih dari tujuh lantai."

Presiden Jokowi juga mengatakan kepastian kepindahan ibukota baru dengan target di tahun 2024, sekarang tinggal menunggu undang-undang DPR.

External Link: Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Mount Ainslie, Canberra.

 

Sementara dalam pidatonya di depan anggota parlemen, Presiden Jokowi mengatakan pembangunan ibukota yang baru adalah sebuah komitmen.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...