Real Count KPU: PSI Peroleh 9,13%, Masuk 5 Besar di Jakarta

Real Count KPU: PSI Peroleh 9,13%, Masuk 5 Besar di Jakarta
Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah ditetapkan sebagai partai politik peserta Pemilu 2024 dengan nomor urut 15. Foto: DPP PSI

jpnn.com, JAKARTA - Mencermati rekapitulasi hasil pemungutan suara legislatif oleh Komisi Pemiliham Umum (KPU) di Provinsi DKI Jakarta, ternyata

Perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masuk lima besar di Provinsi DKI Jakarta.

Berdasarkan real count KPU RI per Sabtu (16/2) pukul 19.25 WIB, suara PSI mencapai 9,13%.

Data yang telah terkumpul saat ini dari 13.989 TPS. Dengan kata lain, sudah 45,17% persen dari seluruh TPS di DKI Jakarta. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan suara yang masuk ke KPU sejalan dengan hasil survei internal. Di mana survei tersebut menunjukkan PSI memeroleh 4,2%.

“Hasil perolehan suara di tingkat TPS mulai masuk, hasilnya menggembirakan sejalan dengan hasil survei internal PSI dan survei lembaga-lembaga kredibel seminggu menjelang pencoblosan, yang menyatakan bahwa PSI akan tembus ke senayan dengan perolehan suara 5-6% pada Pemilu 2024,” katanya di Jakarta, Kamis (15/2).

Grace santai menanggapi hasil hitung cepat beberapa lembaga yang menunjukkan PSI masih di angka sekitar 3%. Namun, dia mengingatkan, dalam hitungan cepat selalu memiliki margin of error.

"Hasil hitung cepat adalah metode yang juga dijadikan acuan oleh PSI untuk memantau pergerakan dan perolehan suara. Yang harus diketahui publik, hitung cepat memiliki margin error dan PSI masih dalam rentan margin error, apalagi di hitung cepat internal PSI menunjukkan hasil 4.2% jadi masih aman dan meyakinkan PSI akan lolos ke Senayan,” tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan suara yang masuk ke KPU sejalan dengan hasil survei internal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News