Redam Pengaruh Tiongkok di Pasifik, Australia Umumkan Alokasi 3.000 Visa Baru per Tahun

Redam Pengaruh Tiongkok di Pasifik, Australia Umumkan Alokasi 3.000 Visa Baru per Tahun
Pemohon visa harus memenuhi persyaratan bahasa, kesehatan dan pendidikan dan membayar Rp250 ribu. (ABC News: Jess Davis)

Visa yang baru ini akan memungkinkan hingga 3.000 orang dari kawasan Pasifik untuk bermigrasi ke Australia sebagai penduduk tetap setiap tahun, di bawah skema yang meniru program imigrasi Selandia Baru.

Pacific Engagement Visa memiliki proses aplikasi dua langkah, di mana pemohon harus terlebih dahulu mendaftar dan membayar biaya sebesar Rp250 ribu.

"Pada tahap kedua, pelamar yang terpilih akan dapat mengajukan visa," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Pelamar harus memiliki tawaran pekerjaan formal dari pemberi kerja di Australia, berusia antara 18 dan 45 tahun, dan memenuhi persyaratan dasar bahasa Inggris dan kesehatan serta karakter.

"Pelamar dapat menyertakan pasangan mereka dan anak dalam aplikasi mereka," kata pernyataan itu.

Pemerintah menargetkan visa baru itu mulai berjalan pada bulan Juli.

"Visa Keterlibatan Pasifik akan terbuka untuk negara-negara kepulauan Pasifik yang warga negaranya tidak berhak atas kewarganegaraan Selandia Baru dan Timor-Leste," kata pemerintah.

"Ini termasuk [orang-orang dari]: Negara Federasi Mikronesia, Fiji, Kiribati, Nauru, Palau, Papua Nugini, Republik Kepulauan Marshall, Samoa, Kepulauan Solomon, Timor-Leste, Tonga, Tuvalu, dan Vanuatu."

Pacific Engagement Visa memiliki proses aplikasi dua langkah, di mana pemohon harus terlebih dahulu mendaftar dan membayar biaya sebesar Rp250 ribu

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News