Redenominasi Untungkan Wilayah di Perbatasan

Redenominasi Untungkan Wilayah di Perbatasan
Redenominasi Untungkan Wilayah di Perbatasan
BATAM - Wacana redenominasi memang masih sebatas wacana. Namun bagi daerah industri yang berbatasan langsung dengan negara lain, redenominasi dianggap akan menguntungkan.

Deputi Pimpinan Bank Indonesia (PBI) Bidang Ekonomi dan Moneter untuk wilayah Batam, Uzersyah, menyatakan bahwa Batam sebagai wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga jelas akan langsung terkena dampak apabila redenominasi terealisasi.  Meski demikian, dampak yang muncul bersifat positif, karena redenominasi akan menguatkan mata Rupiah terhadap mata uang asing.

Apalagi di Batam, sering dikunjungi wisatawan mancanegara, sehingga perputaran uang mata asing cukup tinggi. "Kalau mata uang antar negara hampir sama, bisa lebih baik," kata Uzer seperti dikutip Batam Pos (grup JPNN).

Menrutnya, beberapa negara juga sudah banyak yang melakukan redenominasi seperti Brazil, Rumania, Argentina dan Turki. "salah satu alasan melakukan redenominasi untuk menyetarakan dengan mata uang negara lain. Selain itu juga lebih efisien dalam penyebutan," paparnya.

BATAM - Wacana redenominasi memang masih sebatas wacana. Namun bagi daerah industri yang berbatasan langsung dengan negara lain, redenominasi dianggap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News