Refleksi Akhir Tahun, Makky Zamzami Sampaikan Kegiatan dan Capaian Satgas NU Peduli Covid-19

Refleksi Akhir Tahun, Makky Zamzami Sampaikan Kegiatan dan Capaian Satgas NU Peduli Covid-19
Relawan Satgas NU Peduli Covid-19 mengedukasi warga untuk mencegah penyebaran Covid-19. Foto: Humas PBNU

jpnn.com, JAKARTA - Satgas NU Peduli Covid-19 menggelar Refleksi Akhir Tahun sekaligus Peluncuran Car of Covid-19 Care (Mobil edukasi keliling CoC) dan Satgas Award di Kantor PBNU Jakarta, Kamis, 31 Desember 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 dr H Makky Zamzami memaparkan berbagai kegiatan dan capaian satgas NU Peduli Covid-19 yang telah bekerja kurang lebih satu tahun, mulai Maret hingga akhir Desember 2020.

Satgas NU Peduli Covid-19 telah dibentuk di seluruh tingkatan kepengurusan NU dari wilayah dan cabang untuk melakukan edukasi, penyuluhan pencegahan virus Covid-19 dan pelayanan medis bagi para pasien terkonfirmasi virus Covid-19.

Langkah awal yang dilakukan adalah melakukan pelatihan bagi para relawan tingkat pusat hingga daerah. Tujuannya untuk dapat memahami bagaimana melakukan edukasi di tengah-tengah komunitas dan masyarakat.

Satgas NU Peduli Covid-19 adalah gabungan aksi cegah Covid-19 semua lembaga, banom, perguruan tinggi NU, asosiasi dan organisasi profesi.

Satgas NU terdiri dari Lembaga Kesehatan NU, NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah NU (LAZISNU), Lembaga  Penangulangan  Bencana  dan  Perubahan  Iklim (LPBI), Rabithah Maahid Islamiyah (RMI), Maarif, LKK, dan seluruh lembaga dan banom lainya.

Berdasarkan data RMI NU, ratusan kiai dan nyai (pengasuh pesantren) wafat pada masa pandemi Covid-19 dan ada 112 pesantren terpapar Covid-19. Sementara tercatat 507 tenaga kesehatan meninggal. Berdasar data Unicef, sekitar 1,3 juta anak di dunia mengalami kesulitan belajar online.

Menyikapi pandemi Covid-19, Satgas NU Peduli Covid telah melakukan langkah nyata di antaranya membentuk posko NU Peduli Covid-19, baik di tingkat PWNU, PCNU maupun pesantren NU.

Satgas NU Peduli Covid-19 menggelar Refleksi Akhir Tahun sekaligus Peluncuran Car of Covid-19 Care (Mobil edukasi keliling CoC) dan Satgas Award di Kantor PBNU Jakarta, Kamis, 31 Desember 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News