Refleksi Akhir Tahun Pemerintahan Jokowi, FPKS: Seluruh Indikator Kesejahteraan Memburuk

Refleksi Akhir Tahun Pemerintahan Jokowi, FPKS: Seluruh Indikator Kesejahteraan Memburuk
Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini. Foto: dok pri untyk jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini berharap pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin bekerja lebih keras mengatasi pandemi.

Anggota Komisi I DPR itu menegaskan grafik penyintas Covid-19 menunjukkan kenaikan signifikan.

Menurut dia, akibat pandemi Covid-19 yang telah berlangsung setahun penuh, seluruh indikator kesejahteraan rakyat memburuk.

Karena itu, Jazuli menegaskan bahwa hal ini menuntut kerja lebih keras lagi dari jajaran pemerintah.

Menurutnya, pemerintah harus mengambil opsi kebijakan yang lebih tegas, tidak ambigu dan abu-abu antara kepentingan kesehatan, kemanusiaan, dan ekonomi seperti saat ini.

"Akibat kebijakan yang ambigu ditangkap publik secara luas sebagai inkonsistensi," kata Jazuli sebagai evaluasi pemerintah di tahun 2020 dan menyambut tahun 2021, Kamis (31/12).

Dia melanjutkan dampaknya tidak jelas terkait kebijakan yang berlaku yakni antara yang dibolehkan dan dilarang, sehingga sulit menerapkannya di lapangan.

"Akibatnya banyak yang abai protokol kesehatan. Tingkat kematian (fatality rate) Indonesia tertinggi di Asia Tenggara," ungkap Jazuli.

Menurut Jazuli, akibat pandemi Covid-19 yang telah berlangsung setahun penuh, seluruh indikator kesejahteraan rakyat memburuk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News